Blog

Studi Banding Dan Kegiatan Belajar Bersama Ke Pusat Budidaya Jamur Tiram Mushiro Jamur

Medan – Pusat Kajian Dan Perlindungan Anak (PKPA) melalui unit SKA mengadakan kegiatan studi banding atau kegiatan belajar bersama di Pusat Budidaya Jamur Tiram Mushiro Jamur. Peserta pada kegiatan studi banding atau kegiatan belajar bersama ini adalah ibu-ibu dampingan anggota KUBE yang sedang menjalankan budidaya jamur tiram dan kelompok orang muda yang sebelumnya bergabung di Forum Anak.

PKPA memberikan penguatan kepada kedua kelompok tersebut untuk meningkatkan kompetensi kewirausahaan bagi orang muda dan keluarga agar dapat mempersiapkan kemampuan sebagai seorang wirausaha agar terhindar dari pekerjaan yang berdampak buruk. Kegiatan ini juga bertujuan untuk mendampingi anggota KUBE jamur tiram menjadi lebih mandiri dalam mempersiapkan rencana pengembangan usaha berbasis rumah tangga dan memberi motivasi kepada anggota kube untuk bergabung dalam Gapoktan (Gabungan Kelompok Tani) budidaya jamur tiram yang disinergikan dengan program pemerintah.

Melalui kegiatan studi banding ini juga anggota kelompok usaha bersama (KUBE) dan kelompok anak mengetahui bagaimana gambaran budidaya jamur tiram dalam skala besar. Anggota KUBE dan orang muda juga ikut dalam beberapa proses pembuatan baglog jamur tiram mulai dari proses pencampuran bahan, dan proses pembungkusan. Melalui kegiatan ini, nantinya diharapkan akan menumbuhkan rasa kemauan yang tinggi untuk orang muda (Youth) dalam membentuk kelompok usaha bersama sehingga menciptakan peluang kerja yang mandiri dan berkontribusi pada ekonomi keluarga. Serta membuat ibu-ibu dampingan yang tergabung dalam Kelompok Usaha Bersama (KUBE) lebih mandiri untuk mempersiapkan rencana pengembangan usaha berbasis rumah tangga. (*)

Open chat
Kontak Pengaduan Kasus