Blog

Satgas Digital Safety Palu Susun Rekomendasi untuk Peringati Safer Internet Day

Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) menyelanggakan program Konsultasi Anak yang Kedua di tahun 2024 melalui Program Stopping Cyber Crime Against Children: More Safety and Protection on The Internet yang biasa disebut Global Program (GP). Program ini didukung oleh KNH German dan didanai oleh Kementrian Jerman.

Kegiatan ini dilaksankan pada 25 Mei 2024 dan berlokasi di Café Yula Kota Palu. Kegiatan ini dihadiri oleh lima belas anak perwakilan Satgas Digital Safety. Sesi pertama konsultasi anak dibuka dengan pengenalan kegiatan Child Online Protection Ambassador yang akan dilaksanakan pada rangkaian kegiatan HAN 2024. Kegiatan ini sebagai langkah pencegahan kejahatan di dunia internet yang diinisiasi dan dikampanyekan langsung oleh anak-anak Satgas Digital Safety.

Nantinya anak-anak yang akan berperan aktif menjadi panitia kegiatan dan melakukan beberapa advokasi ke dinas-dinas terkait. Advokasi tersebut tentu saja akan tetap didampingi oleh pendamping anak dari PKPA. Pada sesi ini dijelaskan juga bagaimana mekanisme dari awal tahap perekrutan sampai pada tahap penjurian.

Sesi kedua membahas tentang materi akuntabilitas social yang dipandu oleh Fandy. Materi ini bertujuan agar anak-anak lebih partisipatif dan aktif untuk melihat kebijakan perlindungan anak di satu daerah. Pada sesi ini anak-anak dibagi menjadi dua kelompok dan diminta untuk mendiskusikan kebijakan yang telah ada serta melihat apakah kebijakan tersebut telah terimplementasi dengan baik atau belum. Hasil diskusi tersebut lantas disimpulkan menjadi beberapa kata kunci yang nantinya akan disampaikan kembali pada Regional Dialogue yang akan menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Safer Internet Day 2025. (*)

Open chat
Kontak Pengaduan Kasus