Blog

PKPA Dorong Credit Union Sebagai Agen Perubahan Keluarga Di Desa

Donggala, PKPA Sulteng. Pasca pandemi covid 19 masyarakat di desa juga merasakan dampak buruk dari segi ekonomi, ini menjadi salah satu alasan masyarakat di desa bale melibatkan dirinya ke dalam Credit Union untuk membuat perubahan dalam diri mereka dan keluarga terutama dalam segi ekonomi dan pengetahuan.

Pemberdayaan masyarakat juga merupakan salah satu strategi yang harus terus dilakukan di desa dengan memanfaatkan potensi dan sumber daya di desa, ini salah satu nilai yang mendorong kegiatan pelatihan penulisan proposal usaha dilakukan pada tanggal 27-30 mei 2022, kegiatan ini melibatkan 41 orang masyarakat yang terdiri dari 39 perempuan dan 2 laki laki yang merupakan perwakilan dari setiap dusun yang ada di desa bale.

Pelatihan penulisan proposal usaha ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan kepada anggota credit union tentang metode penulisan proposal usaha, perencanaan dan pengembangan usaha dan sharing pengalaman baik dari anggota Credit Union yang lebih dulu didampingi oleh PKPA di kota Palu untuk memotivasi agar peserta yang hadir bisa lebih semangat dalam membuat perubahan dalam diri dan keluarga mereka.

Credit union ini juga menjadi salah satu wadah yang dimanfaatkan masyarakat untuk memerangi rentenir yang ada di desa. Peningkatan kapasitas yang diberikan kepada anggota credit union ini berupa pelatihan pengemasan dan pemasaran produk serta pertemuan rutin yang di lakukan setiap bulan. Harapannya para anggotat jadi lebih berdaya dan terhindar dari jerat rentenir dan tengkulak di desa. (DMC – Zulkifli)

Open chat
Kontak Pengaduan Kasus