Blog

Komunitas CAC Medan Ikuti Exchange Learning bersama Pelajar Jerman

Pertukaran Pengalaman CLC Dengan Pelajar Jerman

Medan, PKPA Indonesia – Perwakilan anak komunitas Child Advisory Committee (CAC) yang bisa pula disebut Komite Penasehat Anak, mendapatkan kesempatan untuk mempresentasikan kegiatan, pengalaman dan kondisi anak- anak yang bekerja pada kegiatan Exchange Learning meeting pada (10/06/2022). Kegiatan ini berlangsung secara online atas kerjasama Yayasan PKPA dan TDH Germany dan diikuti oleh lima perwakilan komunitas anak CAC Medan dan Empat perwakilan pelajar Jermany yang aktif berkomunikasi mewakili teman-teman sekelas mereka. Pada acara ini, perwakilan anak saling berbagi pengalamannya tentang situasi dan kondisi anak-anak yang bekerja dari masing-masing Negara.

Mikha Gulo salah satu perwakilan anak berbagi pengalamannya selama bekerja. Mika menjelaskan latar belakangnya mulai bekerja sejak SMP karena membutuhkan biaya untuk tetap bisa melanjutkan sekolah. Pengalaman pertama Mikha pertama kali bekerja adalah sebagai pembantu rumah tangga dan selama bekerja, Mikha juga pernah mendapatkan pengalaman yang tidak menyenangkan.

Selain itu, Vina salah satu perwakilan anak CAC merasa, ini merupakan kesempatan untuk menyampaikan pengalamannya selama mengikuti kegiatan konsultasi dan kampanye terhadap isu pekerja anak. “Banyak hal baru yang saya dapatkan, salah satunya kami jadi tahu apa yang menjadi hak kami sebagai anak-anak yang bekerja.” Ujarnya.

Meskipun acara dilakukan secara daring melalui zoom meeting akan tetapi hal tersebut tidak menjadi penghalang bagi perwakilan komunitas anak CAC Medan untuk berbagi pengalamannya dan merasa senang mendapatkan pelajaran baru bisa mengenal budaya, kegiatan-kegaiatan di sekolah, dan kampanye yang dilakukan oleh pelajar Jerman.(DMC – Aini)

Open chat
Kontak Pengaduan Kasus