Blog

Kembangkan Sampah Jadi Peluang, PKPA Sulteng Gelar Workshop Pengolahan Sampah Di Dua Kabupaten

Donggala-Sigi, Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) Sulawesi Tengah, kelompok dampingan PKPA di dua Kabupaten Donggala dan Sigi berkomitmen kembangkan sampah menjadi sumber penghasilan bagi keluarga dan masyarakat.

Workshop Pengelolaan Sampah

Saat ini salah satu masalah yang dihadapi masyarakat adalah sampah, yang kemudian bukan hanya di wilayah perkotaan, namun di pedesaan pun sampah mulai menjadi masalah serius di tataran masyarakat dan rumah tangga. Kurangnya edukasi masyarakat tentang pengolahan sampah menjadi alasan kenapa sampah hingga saat ini masih menjadi masalah serius dan belum mendapatkan penanganan yang tepat.

Hal ini yang kemudian menjadi salah satu alasan Yayasan PKPA menggelar workshop pengolahan sampah di empat desa kabupaten donggala dan kabupaten sigi pada tanggal 16-30/11/2022. Kegiatan ini terlaksana dengan melibatkan perwakilan Tim Tangguh Desa, Kelompok Usaha, Kelompok Pemuda, dan Kelompok Disabilitas. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan edukasi bagi masyarakat tentang pengolahan sampah berbasis masyarakat dalam mendorong kesehatan lingkungan dan rumah tangga.

Namun tidak hanya itu, PKPA juga ingin mendorong masyarakat untuk menangkap peluang dari pengelolaan sampah untuk meningkatkan ekonomi keluarga dan masyarakat. Melalui kegiatan ini masyarakat dilatih membuat pupuk kompos dan Eco Enzyme dari sampah organik.

Harapanya kegiatan ini mampu menjawab masalah pengolahan sampah di lingkungan masyarakat dan semua pembelajaran yang didapatkan dalam kegiatan ini mampu dikembangkan masyarakat untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan mampu memberikan kontribusi pada peningkatan ekonomi rumah tangga. (DMC_Palu)

Open chat
Kontak Pengaduan Kasus