Blog

Gempa Banten Sebabkan Ribuan Rumah Rusak, PKPA Masif Galang Donasi

Gempa bumi dengan magnitudo 6,7 mengguncang wilayah Kabupaten Pandeglang, Banten pada tanggal 14 januari silam. Pemerintah Kabupaten Pandeglang mengeluarkan status tanggap darurat bencana selama 14 hari, terhitung sejak 14 Januari 2022 sampai 27 Januari 2022.

PKPA MONITORING PASCA GEMPA

Berdasarkan data Pusdalops BPBD Banten, gampa Banten berdampak pada 4 provinsi, diantaranya provinsi Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat dan Lampung, termasuk di dalamnya 51 kecamatan, 173 desa/ kelurahan. Bencana di awal tahun ini mengakibatkan kerusakan rumah sebanyak 1.741 unit (1.025 rumah rusak ringan, 416 rumah rusak sedang dan 300 rumah rusak berat). Tidak hanya itu, bangunan umum juga mengalami kerusakan diantaranya 20 sekolah, 14 puskesmas, 9 sarana ibadah, 4 kantor pemerintahan dan 3 tempat usaha.

“Gempa mengguncang wilayah kecamatan sumur. Waktu itu saya sedang berada di lokasi konstruksi jamban di Kampung Gunung Periuk. Saya melihat banyak sekali masyarakat panik. Banyak juga penduduk dari kampung bawah (kp. Cigorondong dan kp. Haseum) mengungsi ke atas.” Papar umu kholisoh, Refresentatif PKPA yang bertugas di Padeglang. Tidak hanya itu, umu juga menyaksikan banyak sekali rumah yang dindingnya retak, gentingnya turun, pelapon jatuh saat melintasi kampung Cisaat desa Tamanjaya.

Menyikapi besarnya kerugian yang dialami warga, PKPA telah melakukan kaji cepat dan mengetahui bahwa bahan pangan pokok masih sangat dibutuhkan warga saat ini. Selain itu peralatan pertukangan, peralatan kebersihan rumah dan perlengkapan tidur seperti tilam, matras dan selimut menjadi kebutuhan yang harus dipenuhi.

“Gempa ini harus terus diwaspadai karena sudah memantik empat gempa susulan. PKPA akan terus mendata dampak gempa dan menyampaikan updatenya kepada masyarakat. Saat ini kami juga sudah mendata kebutuhan masyarakat untuk memaksimalkan bantuan yang nantinya akan diberikan.” tegas Ismail Marzuki, Koordinator PKPA Emergency Aid. (DMC – Ayu)


Kepada rekan – rekan yang berbesar hati membantu saudara kita yang terdampak gempa padeglang, dapat ikut berkontribusi dengan mengirimkan donasinya melalui REKENING MANDIRI : 106 – 00 -1439424 – 4 (atas nama : Yayasan PKPA). Bantuan kita, meringankan beban mereka.

Open chat
Kontak Pengaduan Kasus