Blog

Empowering Society Festival “One Action, One Hope”

Bertemakan Empowering Society Festival“One Action, One Hope” adalah rangkaian kegiatan dalam upaya memperkenalkan kegiatan-kegiatan sosial dan pemberdayaan masyarakat yang dilakukan  organisasi masyarakat sipil (OMS)  di seluruh Indonesia bagi seluruh mahasiswa yang ada di lingkungan civitas BINUS. Kegiatan ini diselenggarakan secara meraton di semua kampus Bina Nusantara (BINUS) di beberapa wilayah di Jakarta mulai tanggal 08- 10 September 2022. Kegiatan diselenggarakan oleh Universita Bina Nusantara (BINUS) dan bekerjasama dengan banyak organisasi masyarakat sipil yang ada di Indonesia, salah satunya adalah Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA).

Kegiatan bertujuan untuk mendorong mahasiswa/i baru agar dapat menjadi generasi muda yang peka terhadap kondisi lingkungan sekitar dan memiliki kepedulian untuk turut berkontribusi dalam penyelesaian masalah sosial di masyarakat.

Kegiatan dimulai sejak pukul 9 pagi dengan aktifitas kunjungan dan wawancara para mahasiswa kepada masing masing organisasi yang terlibat. Setidaknya booth pameran Yayasan PKPA hari ini mendapatkan kunjungan lebih kurang 150 orang mahasiswa yang aktif dan antusias melakukan diskusi dan wawancara terkait dengan visi dan misi organiasi, latar belakang dibentuknya PKPA, isu dan aktifitas program yang dijalan, lokasi kerja organisasi, hingga sumber pendanaan organisasi.

Hal yang paling menarik dalam pembahasan diskusi adalah tentang tantangan yang dirasakan saat ini bagi organisasi dalam kerja-kerja memberikan kepentingan terbaik bagi anak atau dalam menjaga anak Indonesia. Karena salah satu upaya PKPA adalah mendorong nilai kesadaran semua pihak dalam berkontribusi untuk menyelesaikan tantangan dan masalah sosial yang ada di masyarakat. Selain itu para mahasiswa menyampaikan ketertarikan mereka untuk menjadi relawan atau tenaga sukarela di organisasi.

Sony Sucihati bersama dengan staf advokasi nasional Rebana Adawiyah juga sangat semangat dan aktif dalam memfasilitasi diskusi dan wawancara yang dilakukan dengan para mahasiswa. Sony dan Rebana juga menyampaikan bahwa Yayasan PKPA sangat terbuka bagi seluruh mahasiswa yang ingin bergabung menjadi relawan dan dapat langsung mendaftar melalui website organisasi (pkpaindonesia.org).

Wawancara dilakukan dengan menarik karena ada permainan yang diselipkan disaat proses diskusi berlangsung, permainan ini diberikan untuk mendapatkan hadiah atau merchandise menarik yang disedikan oleh PKPA, dan para mahasiswa BINUS sangat bersemangat untuk menjawab dan terlibat dalam permainan tersebut. (DMC – Sony)

Open chat
Kontak Pengaduan Kasus