Blog

Edukasi Tanggap Darurat Bencana, Usaha Minimalkan Korban Jiwa

MEDAN 15/03/2022  –  Yayasan Pusat Kajian dan Perlindungan Anak (PKPA) memberikan sosialisasi dan edukasi tentang pengurangan resiko bencana kepada orang tua murid PAUD Sanggar Keativitas Anak.

Kegiatan sosialisasi ini dihadiri sebanyak sebelas orang peserta yang berasal dari kelurahan Lalang dan dilaksanakan pada tanggal 15 Maret 2022. Kegiatan ini diawali dengan pengenalan dan identifikasi jenis bencana yang diketahui oleh peserta dan dilanjutkan dengan mendiskusikan faktor penyebab dan antisipasi untuk penanggulangan bencana tersebut.

Ismail Marzuki selaku Koordinator PKPA Emergency Aid (PEA) menyampaikan bahwa sosialisasi ini dilakukan mengingat tingginya intesitas hujan yang berlangsung terus menerus di Kota Medan. Hal ini lantas menyebabkan meluapnya air sungai hingga dua meter dan menyebabkan banjir pada pemukiman penduduk. Kelurahan Lalang sendiri merupakan salah satu kelurahan yang mengalami dampak banjir yang cukup parah. Banjir merusak beberapa rumah penduduk, sekolah, fasilitas umum dan terdapat korban jiwa.

“Peserta yang hadir pada sosialisasi ini pada umumnya berdomisili di bantaran sungai sehingga memiliki kerentanan yang lebih tinggi terhadap bencana banjiir. Pelatihan ini diharapkan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana melakukan peringatan dini, tanggap darurat, pencegahan dan pemulihan pada suatu bencana untuk meminimalkan adanya korban jiwa.” (DMC – Anwar)

Open chat
Kontak Pengaduan Kasus